Rabu, 03 September 2014

Cara memilih bibit bawang merah







            Pemilihan bibit bawang merah adalah langkah awal bagi anda untuk memulai proses budidaya bawang merah. Pemilihan bibit bawang merah yang tepat dapat memudahkan perawatan, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit, serta membantu penentuan hasil panen. Anda diharapkan dapat menentukan bibit bawang merah yang sehat, tahan terhadap cuaca,serta tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Tidak mudah memang, namun dengan mengetahui jenis dan cara-cara pemilihan yang tepat, saya percaya anda dapat berhasil dalam penanaman bawang merah.



            Pemilihan bibit dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan memilih bibit dari umbi bawang merah itu sendiri dan bibit dati biji bawang merah. Tetapi untuk kali ini saya akan memberikan tips dalam memilih bibit bawang merah dengan cara memilih bibit dari umbi bawang merah itu sendiri.
            Umbi diambil dari tanaman yang sudah cukup tua. Usianya sekitar 70 hari setelah tanam. Pada umur tersebut pertumbuhan calon tunas dalam umbi sudah penuh. Umbi sebaiknya tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Penampilan umbi harus segar, sehat, dan tidak kisut. Umbi yang masih baik wamanya mengilap. Sebaiknya umbi ini sudah melewati masa penyimpanan 2,5-4 bulan.

            Trik Pemilihan Bibit Bawang Merah
                Untuk mencapai hasil yang maksimal, maka anda harus memperhatikan pemilihan bibit yang tepat. Berikut ini, saya akan membagi trik pemilihan bibit bawang merah yang tepat.
  1. Bila musim penghujan, pilih jenis Bauji/ Lokal, sedangkan untuk musim kemarau pilih jenis Thailan 
  •                                                        Thailan 
2. Penampilan umbi bibit harus sehat, bernas (padat, tidak keriput) warnanya agak pudar/  kawak  
    (kehitam hitaman)



 Tunas umbi bibit sudah kelihatan hijau bila di potong . Lihat pada gambar di bawah



 Ada tiga ukuran untuk umbi bibit yaitu: 

-          Umbi bibit besar (diameter  > 1,8 cm atau >10 g)
-          Umbi bibit sedang (diameter 1,5-1,8 cm atau 5-10g)
-          Umbi bibit kecil  (diameter  1,5 cm atau <5 g)
Secara umum kualitas umbi yang baik untuk bibit adalah yang berukuran sedang. Umbi bibit berukuran sedang merupakan umbi ganda, rata rata terdiri dari 2 siung umbi. Untuk umbi bibit yang besar rata rata terdiri dari 3 siung  umbi.
Berikut gambar  pertumbuhan bawang merah jenis bibit  umbi ukuran sedang

.
Umbi bibit yang besar dapat menyediakan cadangan makanan yang banyak untuk pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya di lahan.Umbi bibit besar akan tumbuh lebih vigor, menghasilkan daun lebih panjang dan berdiameter lebih luas. Namun bila dihitung berdasarkan dari berat bibit, maka harga umbi bibit berukuran besar lebih mahal, sehingga umumnya petani menggunakan umbi bibit berukuran sedang. Untuk umbi bibit ukuran kecil akan lemah pertumbuhanya, daun daunnya yang kecil tidak kokoh  dan mudah terserang hama dan penyakit

Sumber :
Leaflet terbitan BPTP Bali (2005)
oleh : I Nyoman Adijaya, dengan sedikit modifikasi
·         

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. tolong dong disertakan sumber aslinya....

    BalasHapus
  3. Tulungagung -kalidawer di mn mn ygjual bibit bawang merah bos

    BalasHapus